MEDIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI DAN POLITIK
A. PENGERTIAN MEDIA, EKONOMI, DAN POLITIK
Media berasal dari bahasa Latin yaitu kata Medium
(media, jamak; medium, tunggal), yang dapat diartikan juga sebagai perantara,
penyampai, atau penyalur. Contoh penggunaan media dalam komunikasi adalah
seperti Seseorang yang berbicara melalui telepon, guru yang mengajar
menggunakan slide, atau seseorang komunikator yang sedang melaksanakan tugasnya
menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat melalui siaran radio atau
televisi . Pengarang atau penulis juga termasuk yang berbicara melalui media
cetak seperti surat kabar, majalah, buku, dan media cetak lainnya juga termasuk
contoh penggunaan media dalam komunikasi.
Pengertian ekonomi sendiri yaitu ilmu mengenai
asas-asas produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa atau
pemakaian barang-barang serta kekayaan seperti hal keuangan, perindustrian, dan
perdagangan. Ada juga yang menyebutkan
definisi ekonomi adalah semua yang berhubungan dengan upaya dan daya manusia
dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai suatu tingkatan kemakmuran.
Sedangkan politik merupakan suatu fenomena yang
sangat berhubungan dengan kehidupan manusia yang merupakan mahluk social,
politik juga suatu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat
di mana wujudnya adalah proses pembuatan keputusan.
B. MEDIA DALAM PERSPEKTIF
EKONOMI
Ekonomi media berkaitan dengan bagaimana industri
media mengalokasikan berbagai sumber untuk menghasilkan materi informasi dan
hiburan untuk memenuhi kebutuhan audiens, pengiklan, dan istitusi sosial
lainnya. konomi media mempelajari bagaimana industry media memanfaatkan sumber
daya yang terbatas untuk memproduksi konten dan mendistribusikannya kepada
khalayak dengan tujuan memenuhi beragam permintaan dan kebutuhan akan informasi
dan hiburan.
Peran Ekonomi Media dalam industri media massa
antara lain:
1. Peran ekonomi media melakukan optimasi dalam
bisnis media dalam industri media massa dan berupaya mencari keuntungan untuk
tetap menjaga keberlanjutan industri media massa.
2. Peran ekonomi media yakni menarik konsumen atau
pengiklan, disini industri media massa menggunakan sumber-sumber yang terbatas
untuk memenuhi kebutuhan dan berbagai keingan khalayak.
3. Sebagai pemuas kebutuhan para khalayak dan
pemasang iklan terhadap kebutuhan dan informasi apa yang mereka terima baik itu
hiburan, berita atau pendidikan.
4. Ekonomi media mempermudah dan membantu industri
media dalam hal mencari orang-orang yang bisa diajak bergabung ke dalam
perusahaan industri media, ini dikarenakan peran ekonomi media memunculkan
lapangan pekerjaan di tengah masyarakat.
5. Ekonomi media membuat industri media massa mampu
memahami bagaimana struktur pasar mempengaruhi berbagai industri media,
bagaimana media tertentu membidik pasar tertentu, serta bagaimana regulasi
pemerintah serta perkembangan teknologi mempengaruhi perilaku pasar di masa
mendatang.
6. Sebagai pertimbangan seberapa banyak barang atau
jasa yang diproduksi oleh industri media.
Perkembangan media massa modern menempatkan media
tidak lagi dipahami dalam konteks sebagai
institusi sosial dan politik belaka melainkan juga harus dilihat dalam
konteks institusi ekonomi.
C. MEDIA DALAM PERSPEKTIF
POLITIK
Pada proses komunikasi politik, tentunya media
sangat diperlukan untuk mendukung dan mempercepat penyampaian pesan. Dengan
adanya media, masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi secara mudah, cepat,
dan praktis. Media politik dalam komunikasi politik dapat memperngaruhi cara
manusia untuk berpendapat maupun berperilaku. Media hadir untuk menyampaikan
pesan yang beraneka ragam dan aktual tentang sosial dan politik.
Hadirnya media seperti surat kabar, radio, hingga
televisi menjadi suatu sarana untuk mengikuti perkembangan politik yang tengah
terjadi maupun yang telah terjadi. Media hadir sebagai alat penyalur berbagai
pesan baik pesan politik maupun non-politik bagi masyarakat. Media menjadi
pihak ketiga antara politik dan masyarakat. Sehingga wajar apabila setiap pesan
yang disampaikan melalui media, pasti akan diterima dengan cepat oleh
masyarakat atau khalayak. Karena media memiliki akses yang lebih luas untuk
menyebarkan suatu pesan yang dalam waktu singkat dapat dengan mudah diakses
oleh khalayak.
D. MEDIA DALAM PERSPEKTIF
EKONOMI DAN POLITIK
0 komentar: